2:27 am - Minggu November 19, 2017

5 Komisi Negara Bentuk Gugus Awasi Pelaksanaan Pemilu

276 Viewed Redaksi 0 respond
Komisi Negara Bentu Gugus Pengawasan Pemilu

Ilustrasi (image: harianbengkulupos)

Jakarta–Lima Komisi negara; KPK, KPU, Bawaslu, PPATK dan KIP sepakat membuat gugus tugas demi mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2014 yang bersih dan berintegritas. Kelima komisi itu akan saling melaporkan, termasuk pengawasan dana bansos dan juga dana kampanye agar tidak disalahgunakan.

“KPK, KPU, Bawaslu, PPATK dan KIP akan bentuk gugus tugas yang komunikasi intens hadapi masalah-masalah di lapangan,” ujar komisioner KPK Adnan Pandu Praja di KPK, seperti dilansir merdeka.com, Kamis (27/03).

Single content advertisement top

Dibentuknya gugus tugas ini untuk mempetakan otoritas masing-masing komisi untuk menangani pelanggaran pemilu. Seperti otoritasKPU dan Bawaslu yang difokuskan kepada penyelewengan dana kampanye, bansos dan juga praktik-praktik kecurangan di pemilu.

“Kami akan fokus dan konsen, apakah menyangkut dana bansos, hibah, dana kampanye, jadi fokus perhatian serius bagi kami dan hal-hal apa saja yang bisa akibatkan kecurangan, mana otoritas KPK, mana otoritas penyelenggara pemilu. Semuanya bisa di-share kalau keinginan lima institusi untuk wujudkan pemilu lebih baik,” ujar Komisioner Bawaslu Nasrullah.

Kemudian dari sisi PPATK bertindak sebagai institusi pendukung dan secara intens melakukan penelusuran uang di dalam rekening-rekening para caleg maupun capres dan cawapres.

“Kami secara intensif lakukan follow the money dari pihak-pihak yang ikut pemilu. Kami sudah punya hasil riset dan sudah kami sharing kepada Bawaslu, KPU, KPK, prinsip dasarnya kita menginginkan calon yang ikut bersih, amanah, dan bawa negeri ke arah yang diinginkan bersama,” ujar Irfan dari PPATK.

Sementara itu, untuk peran KIP, yakni memiliki kewenangan menerima laporan dari masyarakat secara terbuka. Laporan itu nantinya dapat dibagikan kepada keempat komisi yang lain untuk ditindaklanjuti. (mdk/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ketum PPP Hadiri Kampanye Gerindra, Prabowo Bingung !

Gara-Gara Atribut, Mobil Caleg PA dan PNA Dirusak

Related posts
Your comment?
Leave a Reply