3:11 pm - Senin November 23, 7350

4600 Penari Meriahkan Event ‘Solo Menari 24 Jam’

359 Viewed Redaksi 0 respond

Ilustrasi penari solo (image: merdeka.com/parwito)

Solo–Sedikitnya 4600 penari dalam dan luar negeri akan memeriahkan gelaran tahunan “Solo Menari 24 Jam” 29-30 April 2014. Event yang digelar ke delapan kalinya itu mengangkat tema Dancing Out Loud (Suara Tubuh Membuka Hati).

Seperti dilansir merdeka.com, Jumat, Ketua panitia World Dance Day Solo Menari 24 Jam, Dwi Wahyudiarto mengatakan tema tersebut menyadarkan bahwa masa sekarang tari harus mampu berbicara mewakili dunianya dalam konteks kehidupan yang beragam. Tanpa meninggalkan nilai-nilai yang merefleksikan identitas.

“Tari harus mampu berbicara mewakili dunianya dalam konteks kehidupan yang beragam,” ujar Dwi, di Solo, Jumat (25/4).

Menurut Dwi, ada 6 venue yang telah disiapkan untuk mendukung kegiatan tersebut. Yakni Koridor Jalan Jendral Sudirman (Jensud), Solo Paragon Mall, Solo Grand Mall, Solo Square, Bandara Internasional Adi Sumarmo, The Park Mall, SMKN 8 Solo, dan Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Single content advertisement top

Sementara itu beberapa penari yang akan bergabung di antaranya dari Institut Seni Indonesia (ISI) yang akan berkolaborasi dengan kelompok International Dansteater dari Amsterdam, Belanda. Mereka akan mempersembahkan dua repertoar tari, Fado dan Silk.

Selain itu ada 6 penari asal Indonesia dan Singapura yang akan menari selama 24 jam di kampus ISI. Yakni Daryono (Solo), Darmaan Dadijono (Yogyakarta), Sekar Alit (Solo), Lyn Hanis (Singapura), Noorhaizah Adam (Singapura) serta Riyanto yang kini bermukim di Jepang.

“Ada 110 kelompok sanggar tari yang terlibat dalam Solo 24 Jam Menari. Untuk venue di kampus ISI Solo mencapai 2.300 orang penari. Sementara venue di luar kampus ISI ada sekitar 1.500 orang.”

Dwi menjelaskan pelaksanaan Solo 24 Jam Menari tahun ini lebih semarak dibandingkan dengan sebelumnya. Pasalnya, akan kedatangan peserta dari institusi dari luar Solo dan bahkan dari luar negeri. Di antaranya Erasmus Huis Jakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan International Dansteater Amsterdam Belanda, Singapura, Jepang, Malaysia dan Meksiko. (mdk/pr)

Editor: Khairu S

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ramaikan Festival Sriwijaya, 5 Negara Jiran Diundang

Ups…Indonesia Darurat Narkoba

Related posts
Your comment?
Leave a Reply