3:11 pm - Selasa November 23, 4494

35 Guru Dilatih Desain Alat Peraga Kebencanaan

268 Viewed Redaksi 0 respond

Banda Aceh–Puluhan guru di Aceh dilatih desain alat peraga kebencanaan sebagai upaya membangun kesiapsiagaan warga sekolah, khususnya di kawasan rawan musibah alam.

“Itu bertujuan meningkatkan kapasitas guru dalam mendesain media pembelajaran, dan hal praktis lain dalam pengintegrasian materi kesiapsiagaan bencana,” kata Ketua Panitia pelatihan Faisal Ilyas di Banda Aceh, Sabtu (22/06).

Single content advertisement top

Salah satu rangkaian kegiatan pelatihan yang diikuti 35 guru dari Kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh itu yakni mendesain alat peraga dan integrasi materi kebencanaan ke dalam pembelajaran selama empat hari, terhitung 18 Juni 2013.

Kegiatan itu juga untuk pengetahuan dan praktek penerapan  gagasan desain, cara penyajian yang akan meningkatkan kualitas media pembelajaran menjadi lebih baik dan menarik, mudah dan terstruktur.

Peserta jelasnya diajak membuat alat peraga alarm gempa, gunung api, banjir dan seismograf. Alat tersebut cukup sederhana dan murah, tapi sangat bermanfaat.

Guru SDN Neuheun Aceh Besar,  Nuraini mengatakan praktek pembuatan alat peraga cukup menarik dan bisa dipakai terus menerus.

“Selain mendapat materi juga melakukan praktek pembuatan langsung, dan kami berharap perlu dilakukan kunjungan ke sekolah untuk mengawal program-program siaga bencana agar terus berlanjut,” kata dia menambahkan.

Kepala bidang program, pelaporan Dinas Pendidikan Aceh, Nailul Authaar mengatakan program itu dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman manajemen dan warga sekolah tentang bentuk-bentuk ancaman di lingkungan/sekitar sekolah.

Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan sebagai keterampilan dasar evakuasi saat terjadinya bencana, dan membuat kesepakatan tentang lokasi evakukasi, protap evakuasi, jalur evakuasi, dan hal lain yang bermuara pada pengurangan risiko bencana di sekolah. (ANT)

Editor: @redaksi

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Mahasiswa UK Petra Olah Sampah Jadi Minyak Tanah

AusAID Ingin Tingkatkan Pendidikan Aceh

Related posts
Your comment?
Leave a Reply