3:11 pm - Sabtu November 22, 7270

15 Tahun Tragedi Simpang KKA, KontraS Sesalkan Negara Lamban

333 Viewed Redaksi 0 respond

Para aktivis HAM Menggelar Aksi Damai Peringati 15 Tahun Tragedi Sp. KKA, Sabtu (3/5) di Bundaran HI Jakarta Pusat (foto: muntasir/PR)

Jakarta–Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menyesalkan lambatnya tindakan negara dalam menyelesaian peristiwa pelanggaran HAM pada peristiwa Simpang KKA, Aceh yang terjadi pada 3 Mei 1999 di Aceh Utara.

Kondisi ini berdampak pada absennya pemenuhan hak korban dan keluarga untuk mengakses keadilan, kebenaran dan pemulihan.

Single content advertisement top

Peristiwa bermula dari isu hilangnya anggota TNI Detasemen Rudal 001/Liliwangsa pada 30 April 1999, kemudian pasukan militer melakukan penyisiran ke rumah warga dengan kekerasan (dipukul, ditendang, ancaman, intimidasi dan melakukan penangkapan terhadap 3 warga sipil).

Atas hal tersebut warga melakukan protes dengan aksi demonstrasi ke Kantor Koramil setempat. Namun, protes tersebut dijawab dengan tindakan refresif.

Menurut catatan KontraS, 15 tahun peristiwa Simpang KKA, negara belum mampu bertanggungjawab atas pelanggaran HAM yang terjadi dalam peristiwa ini, yang menewaskan 39 warga sipil (termasuk seorang anak berusia 7 tahun), 156 sipil mengalami luka tembak, dan sekitar 10 warga sipil dinyatakan hilang.

Dalam aksi damai bertepatan dengan peringatan 15 tahun Tragedi Simpang KKA di Bundaran HI Jakarta, Sabtu (3/5) kemarin, para aktivis HAM juga menyebutkan bahwa Komnas HAM baru pada 8 November 2013 melakukan penyelidikan pro justisia atas kasus ini dengan membentuk Tim Ad Hoc.

Penyelidik Pro-Justisia Tim Ad Hoc sepakat pihak negara wajib mengusut tuntas 5 kasus pelanggaran HAM di Aceh, yang salah satunya peristiwa Simpang KKA. (rilis/mun)

Editor: Muhajir

Don't miss the stories followPikirReview.Com and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Ups.. Pejabat Kemendagri Korupsi Proyek e-KTP

Polisi Ringkus 8 Penembak Caleg PNA di Aceh Selatan

Related posts
Your comment?
Leave a Reply